Mbah Ahmad Dahlan dan Persatuan Umat Islam

Kesatuan Ummat Islam Menurut Mbah Ahmad Dahlan



Ini adalah tulisan Mbah KH. Ahmad Dahlan, tentang Kesatuan Ummat Islam. Dalam risalah singkat ini beliau menyatakan betapa pentingnya ummat Islam bersatu, alih-alih terlibat pertengkaran dengan sesama. Sayangnya, file yang ada di sini hanya separuh. Ini adalah separuh dari satu buku yang berisi dua tulisan, satu tulisan KH. Ahmad Dahlan, dan satunya tulisan KH. Hasyim Asy'ari, Al Mawa'idz, namun bagian yang kedua tidak disertakan. Judul asli buku ini, Pesan-pesan Dua Pemimpin Besar Islam Indonesia : Kyai Haji Ahmad Dahlan dan Kyai Haji Hasyim Asy'ari. Buku ini disunting oleh Abdul Munir Mulkhan (1986).

Mbah Ahmad Dahlan mengingatkan, pada dasarnya manusia adalah sama, keturunan dari Adam dan Hawa. Perselisihan semestinya tidak menjadi pilihan. Kemudian, beliau banyak menyentil soal kepemimpinan. Pemimpin mestinya bersatu hati, tidak hanya bersuara namun setia dalam tindakan, serta tidak mementingkan golongannya sendiri. Beliau kemudian menunjukkan pentingnya kedudukan ilmu dan akal dalam kehidupan.

Tanpa perlu berpanjang lebar lagi, silahkan unduh tulisan beliau melalui link di bawah ini. Selamat membaca, semoga bermanfaat.
KH. Ahmad Dachlan : Kesatuan Umat Islam
Previous
Next Post »